Abah Amin Sholeh, Sosok yang Tegas dan Konsisten

Sosok yang tegas namun rendah hati, konsisten terhadap prinsip agama juga berilmu merupakan sosok yang dibutuhkan saat ini, terutama pada kalangan muslim seperti kita. Hal ini tak luput dari sosok Kyai  Amin Sholeh asal Bangsri yang pernah menjadi Rais Syuriah PWNU dan ketua MUI jawa tengah.
Abah Amin(sapa akrab santri-nya) merupakan  putra dari Kyai Sholeh Amin yang sangat terkenal di kalangan ulama, terutama di Jawa Tengah. Namun tidak seperti kebanyakan putra kyai terkenal yang lain. Abah Amin tidak pernah diceritakan mempunyai sikap yang neka-neka. Beliau memang contoh Kyai yang  sederhana.  Attawassuth wal i'tidaa, Sikap sederhana yang digariskan dalam Khittah Nahdlatul Ulama dijalaninya secara murni dan konsisten.
Ibarat padi yang makin berisi makin merunduk. Abah Amin adalah sosok yang sangat tawadlu’. Kedalaman ilmu agamanya tidak diragukan lagi. Namun beliau tetap santun dan menghargai pendapat orang lain. Abah Amin juga senang bergaul dengan masyarakat sekitar, mencarikan solusi bagi mereka yang datang kepadanya, memecah kebekuan apabila ada perselisihan dan tetap istiqamah dalam mengasuh pesantrennya. Beliau juga berjuang tanpa pamrih dalam mendidik para santri dan mengembangkan pondok pesantren dengan sabar.
Kini sosok kyai seperti beliau  sudah kembali menghadap sang pencipta. Ketika kita justru sangat memerlukan pemimpin yang ikhlas dan berbudi seperti beliau. Semoga Allah menerima segala amal ibadah beliau selama hidup didunia.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Di tunggu pengalaman, dan cerita cerita kyai di kalangan santri "pesantren" mba, untuk kami yang tak pernah mengecap nikmat-nya suasana Pesantren dan mendapatkan ilmu dari guru guru yang Mulia.

    Nice Blog :)

    BalasHapus