Maha Guru di Kalngan Nahdliyin


                K.H Mohammad Hasyim Asy’ari atau yang sering di sapa Hasyim Asy’ari merupakan salah satu pahlawan nasional indonesia yang juga merupakan sosok yang sangat penting dalam berdirinya Nahdlatul Ulama atau organisasi islam terbesar di indonesia. Beliau merupakan putra ke-3 dari 11 bersaudara  oleh pasangan Kyai Asy’ari dan Halimah.Hadratus Syeikh merupakan julukan terhadap beliau di kalangan Nahdliyin dan Pesantren.
                Sosok kelahiran 10 April 1875 atau dalam penanggalan arab 24 Dzulqaidah 1287 H ini, sudah memiliki bakat kepemimpinan dan kecerdasan sejak kecil. Beliau mulai belajar ilmu agama dari ayahnya dan kakeknya yang bernama utsman. Sejak usia 15 tahun, beliau mulai berkelana untuk menimba ilmu di pesantren, diantaranya Pesantren Wonokoyo di Probolinggo, Pesantren Langitan di Tuban, Pesantren Trenggilis di Semarang, Pesantren Kademangan di Bangkalan, dan Pesantren Siwalan di Sidoarjo.
                Suami dari Nyai Khadijah ini  juga pernah menetap di Makkah selama 7 tahun tepatnya pada tahun 1893 untuk berguru pada Syaikh Ahmad Khatib Minangkabau, Syaikh Makhbut At-Tarmidzi, Syaikh ahmad Amin Al Aththar, Syaikh Ibrahim Arab, Syaikh Said Yamani, Syaikh Rahmaullah, Syaikh Sholeh Bafadlal, Sayyid Abbas Maliki, Sayyid Alwi bin Ahmad As Saqqaf, dan Sayyid Husein Al Habsyi.
                Pernah terjadi dialog yang mengesankan antara beliau dan K.H Muhammad Cholil, gurunya. Dalam dialog tersebut K.H Muhammad Cholil mengaku sebagai muridnya, bukan gurunya. Lucunya, ketika turun dari masjid usai shalat berjamaah, mereka saling mendahului menuju tempat sandal untuk memasangkan sandal ke kaki gurunya. Namun, sikap yang ditunjukkan oleh mereka tak lebih adalah kemuliaan akhlak, yaitu kerendahan hati dan sikap saling menghormati.
               
               
               
               
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar